Buku

Program Pembiayaan Pertanian

Editor : Freddy R. Saragih, Hidayat Amir, Insyafiah (Tahun 2015)

Gagasan para penulis dalam buku ini lahir dari sebuah kesadaran bahwa potensi pertanian Indonesia harus membuahkan kemakmuran bagi seluruh rakyat. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah petani untuk menangkap harapan dan menyahuti aspirasi.  Buku ini sangat lengkap dan komprehensif dalam menangkap permasalahan-permasalah ini karena memaparkan konsep dasar, teori ekonomi pembangunan, paradigma pemberdayaan, dan telaah empiris pembiayaan pertanian di Indonesia. Buku ini patut menjadi rujukan bagi mereka yang peduli pada pembangunan pertanian, terutama para perumus dan pelaksana kebijakan, panduan bagi pelaku ekonomi, dan referensi bagi akademisi.


Buku

Referensi Risiko Sistemik Perbankan

Penulis : Nugroho Agung Wijoyo (Tahun 2015)

Buku Referensi Risiko Sistemik Perbankan ini dapat disebut sebagai referensi pertama yang mengupas secara komprehensif tentang seluk beluk risiko sistemik perbankan serta menjawab nuansa dahaga akan kebutuhan jaring pengaman terhadap sistem keuangan bagi Indonesia. Buku ini menyajikan referensi teoretis, dan selanjutnya juga menguraikan fakta krisis keuangan yang pernah terjadi di Indonesia, lengkap dengan respons kebijakan dan landasan hukumnya. Buku ini mengulas secara baik bagaimana jaringan pengaman sistem keuangan bekerja dan bagaimana implementasi nantinya di Indonesia sejalan dengan kebutuhan terhadap Undang-Undang Jaringan Pengaman Sistem Keuangan. Buku ini juga dapat menjadi bahan referensi penting bagi para peneliti, pengamat, birokrat, pengambil keputusan, analis, dan pihak-pihak yang tertarik mendalami Risiko Sistemik Perbankan.


Buku

Bunga Rampai Ekonomi Keuangan

Editor: Zuprianto (Tahun 2014)

Buku Bunga Rampai Ekonomi dan Keuangan ini adalah salah satu kumpulan karya dari pegawai dan peneliti di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal. Pada edisi kali ini, tersaji berbagai topik yang berkaitan dengan analisis dan dampak kebijakan publik di bidang ekonomi dan keuangan negara. Berbagai topik tulisan yang terangkum dalam penerbitan kali ini antara lain: Dampak Subsidi Pemerintah dan Bantuan Langsung Tunai, Produktivitas Sektor Pertanian Nasional, Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan, Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA), Impor Kedelai, Bursa Komoditi Berjangka Indonesia, Sovereign Credit Rating Indonesia dan Pasar SUN, Kelas Menengah (Middle Class), Diversifikasi Ekspor Produk Industri Manufaktur, Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Kenaikan Harga Minyak Sawit Internasional, Transaksi Modal dan Finansial Indonesia, serta Industri Penerbangan dan Intervensi Pemerintah.

DAFTAR ISI:

  1. Impact of Government Subsidy and Direct Cash Transfer on Gasoline Consumption: Theoretical Approach. Yoppy Abimanyu
  2. Kesesuaian Alokasi Anggaran dan Produktivitas Sektor Pertanian Nasional. Yani Farida Aryani & Abdurrahman
  3. Peran APBN Dalam Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan. Abdurrahman & Arti Dyah Woroutami
  4. Daya Saing Indonesia Menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA). Tri Wibowo
  5. Stop Import Kedelai. Abdurrahman & Arti Dyah Woroutami
  6. Peluang dan Tantangan Bursa Komoditi Berjangka Indonesia Pasca Krisis Ekonomi. Ragimun
  7. Sovereign Credit Rating Indonesia dan Perkembangan Kinerja Pasar SUN. Muhammad Romli, SE.MM
  8. Kelas Menengah (Middle Class) dan Implikasinya Bagi Perekonomian Indonesia. Muhammad Afdi Nizar
  9. Pola Diversifikasi Ekspor Produk Industri Manufaktur Indonesia. Muhammad Afdi Nizar
  10. Urgensi Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Dalam Menjamin Kesejahteraan Rakyat. Lokot Zein Nasution
  11. Dampak Kenaikan Harga Minyak Sawit Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Suatu Model Computable General Equilibrium). Cornelius Tjahjaprijadi
  12. Analisis Kinerja Transaksi Modal dan Finansial Indonesia Selama Krisis Keuangan. Rudi Handoko
  13. Government Intervention and Airline Industry: Theoretical Approach. Yoopi Abimanyu

Buku

Subprime Mortgage Crisis Mengguncang Ekonomi Dunia

Penulis : Syahrir Ika (Tahun 2014)

Alur cerita tentang krisis Subprime Mortgage ini diuraikan dengan baik oleh penulis. Hal yang menarik dari buku ini adalah selain adanya bahasan tentang apa itu subprime mortgage bagaimana sampai terjadi krisis subprime mortgage di Negara yang ekonominya paling kuat di dunia, yaitu AS, juga adanya bahasan yang lebih spesifik tentang strategi pemerintah Indonesia dalam membentengi Indonesia dari hantaman krisis. Penulis mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor yang memperkuat daya tahan ekonomi Indonesia.


Buku

Serial Edukasi Fiskal Jilid 1

Penulis : Syahrir Ika (Tahun 2014)

Buku ini merupakan jilid pertama dari kumpulan artikel Edukasi Fiskal yang terbit di majalah ilmiah semipopuler Info Resiko Fiskal (IRF). Buku ini diterbitkan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebijakan fiskal dan memperkenalkan suatu unit khusus di republik ini yang berperan merumuskan kebijakan fiskal, yaitu Badan Kebijakan Fiskal atau disingkat/dikenal dengan BKF. Kebijakan Fiskal adalah kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan penerimaan negara, pengeluaran atau belanja negara dan pembiayaan atau investasi pemerintah. Buku ini bisa menjadi salah satu literatur penting bagi siapapun yang ingin memahami dinamika kebijakan fiskal Indonesia. 


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


KONTAK: Jl. Dr. Wahidin No. 1 Gd. R. M. Notohamiprodjo, Jakarta Pusat 10710
email: ikp@fiskal.depkeu.go.id

  Kurs Pajak : KMK Nomor 4/KM.10/2018,   USD : 13,391.00    AUD : 10,553.24    GBP : 18,224.07    SGD : 10,072.97    JPY : 12,016.87    EUR : 16,152.84    CNY : 2,063.41