V I S I : Menjadi Unit terpercaya dalam Perumusan Kebijakan Fiskal dan Sektor Keuangan yang Antisipatif
dan Responsif untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sejahtera

Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2017 di Surabaya

Surabaya, (15/8): Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal, serta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharan Jawa Timur meyelenggarakan Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan bertajuk ?Menjaga Kredibilitas APBN?. Acara seminar diselenggarakan di Ballroom Hotel Shangri-La, Surabaya, dan turut hadir dalam seminar ini di antaranya para pejabat pemerintah daerah Jawa Timur, akademisi dari perguruan tinggi, perwakilan kantor wilayah Bank Indonesia/Otoritas Jasa Keuangan, serta yang cukup istimewa dalam acara ini adalah kehadiran dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro

Jakarta, (15/5): Bertempat di Aula Lantai 2 Gedung R.M. Notohamiprodjo Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menerima kunjungan dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik BKF, Endang Larasati dan menghadirkan dua narasumber yaitu Evy Mulyani, Kepala Bidang Kebijakan Keuangan Inklusif, Pusat Kebijakan Sektor Keuangan BKF dan Joko Tri Haryanto, Peneliti Madya BKF, serta dimoderatori oleh Andi Rahman Salasa, Kepala Subbagian Pengelolaan Kinerja Organisasi, Sekretariat BKF.

FGD Peningkatan Efektivitas Peran DAU dalam Pemerataan Kemampuan Keuangan Antardaerah

Bandung, (15/8) : Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (PKAPBN), Badan Kebijakan Fiskal, menggelar Focus Group Discussion di Bandung dengan tema ?Peningkatan Efektivitas Peran DAU dalam Pemerataan Kemampuan Keuangan Daerah?. Acara ini dibuka dengan penyampaian keynote speech dari Kepala Pusat Kebijakan APBN, Rofyanto Kurniawan. Rofyanto menyampaikan bahwa DAU harus digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengingat DAU merupakan komponen terbesar dari TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa). Namun, pengalokasian DAU belum berdampak signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan, oleh karena itu perlu untuk melihat kembali bagaimana DAU digunakan, apakah penggunaan DAU sudah optimal, dan upaya-upaya apa yang bisa dilakukan serta reformulasi dari DAU.

Pertemuan ASEAN Bidang Jasa Keuangan di Medan

Medan, (15/08): Badan Kebijakan Fiskal menyelenggarakan ?the 55th Meeting of the ASEAN Working Committee on Financial Services Liberalisation (WC-FSL)? yang merupakan pertemuan ASEAN di bidang jasa keuangan pada tanggal 13 ? 14 Agustus 2017 di Santika Premiere Dyadra Hotel and Convention Medan, Sumatera Utara.

Program Studi Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Melaksanakan Studi Banding ke Badan Kebijakan Fiskal

Jakarta, (10/8): Bertempat di Ruang Analis Lantai 3 Gedung RM. Notohamiprodjo, Badan Kebijakan Fiskal menerima kunjungan dari Program Studi Administrasi Perpajakan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik, Endang Larasati. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kadarisman Hidayat, perwakilan dari FI-UB. Kadarisman memperkenalkan tentang Fakultas Ilmu Administrasi khususnya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Perpajakan. Beliau berharap dengan adanya studi banding ini, mendapatkan gambaran tentang fungsi dan peran BKF di Kementerian Keuangan, terutama di bidang perpajakan dan dapat menjalin kerjasama dengan BKF.

Workshop Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2017

Jakarta, (1/8): Badan Kebijakan Fiskal menggelar Workshop Forum Ekonom Kementerian Keuangan pada tanggal 1 Agustus 2017 dengan dihadiri oleh para ekonom daerah dari berbagai provinsi di Indonesia. Workshop ini membahas dan mendiskusikan beberapa isu strategis dalam perekonomian Indonesia.

BKF Menggelar Workshop Technological Change to Economic Development

Jakarta, (27/7): Sebagai rangkaian persiapan menuju International Forum on Economic Development and Public Policy pada bulan Desember di Bali, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menggelar workshop dengan topik Technological Change to Economic Development. Acara yang digelar di Hotel Mandarin Oriental Jakarta tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari CSIS, LIPI, dll.

Benarkah Indonesia Darurat Utang?

Saat ini pemerintah Indonesia tengah menghadapi kritikan dari masyarakat mengenai utang negara.

Eselon I Kementerian Keuangan


Hak Cipta BKF Kementerian Keuangan | Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Hubungi Kami
© 2015 Terms and Condition | Privacy Policy