V I S I : Menjadi Unit terpercaya dalam Perumusan Kebijakan Fiskal dan Sektor Keuangan yang Antisipatif
dan Responsif untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sejahtera

Kepala BKF: Menghadapi Tahun Politik, APBN 2018 Dibuat Lebih Konservatif

Jakarta, (6/12): Setelah mengadakan seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK) di 17 kota di Indonesia, BKF kembali menggelar workshop yang bertajuk “APBN 2018: Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan” di Jakarta. Workshop yang dibuka oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Suahasil Nazara dihadiri oleh 17 anggota FEKK yang tersebar di 17 universitas di Indonesia

Badan Kebijakan Fiskal Berbagi Pengalaman Reformasi Subsidi BBM dengan Beberapa Negara G20

Jakarta, (4/12): Sejak beberapa tahun belakangan ini, Indonesia gencar melakukan reformasi APBN yang salah satunya adalah dengan mengubah belanja subsidi menjadi lebih tepat sasaran. Hal ini diungkapkan Suahasil Nazara, Kepala BKF Kementerian Keuangan, saat membuka acara Joint in Person Meeting Indonesia – Italy G20 Peer Review on Fossil Fuel Subsidy Reform. Menurut Suahasil, hal tersebut dilakukan agar APBN tetap kredibel.

APEC Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pacific Region

Padang, (04/12) : Sebagai bagian dari APEC Working Group on Disaster Risk Financing dan rangkaian kegiatan Voyage to Indonesia dalam rangka Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018, Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan World Bank dan PT. Reasuransi Maipark menyelenggarakan APEC Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pacific Region. Seminar ini difokuskan pada mekanisme pembiayaan untuk risiko bencana di Indonesia dan anggota APEC lainnya sehingga diharapkan dapat menjadi dasar perumusan kebijakan untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan bencana di Indonesia.

FGD Kajian Manfaat Dana Desa dalam Percepatan Pembangunan dan Pegentasan Kemiskinan Desa

Surakarta, (2/11): Bertempat di Hotel Novotel Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 2 November 2017, Badan Kebijakan Fiskal menyelenggarakan Focus Group Discussion, dengan tema “Kajian Manfaat Dana Desa dalam Percepatan Pembangunan dan Pegentasan Kemiskinan Desa”. Acara yang bertujuan untuk mengevaluasi manfaat dana desa ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa; perwakilan pemerintah daerah serta akademisi. Acara yang berlangsung di Ballroom Borobudur I tersebut dibuka dengan Keynote Speech oleh Dewi Puspita, Kepala Bidang Kebijakan Keuangan Daerah, Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal.

Sosialisasi Kebijakan Fiskal pada Mahasiswa Universitas Indonesia dan Internasional

Jakarta, (17/11): Badan Kebijakan Fiskal bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sosialisasi kebijakan fiskal dengan tema Kebijakan Kerjasama Indonesia dengan Lembaga Bank Multilateral dan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sosialisasi ini juga merupakan rangkaian The 15th Economix yang diselenggarakan oleh FEB UI. Bertempat di aula lantai 2 gedung RM Notohamiprodjo, acara sosialisasi ini dihadiri oleh mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2017 di Makassar

Makassar, (16/11): Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal, dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharan Sulawesi Selatan meyelenggarakan Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan bertajuk APBN 2018: Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan, di Ballroom Hotel Aston, Makassar. Hadir dalam seminar ini di antaranya para pejabat pemerintah daerah Sulawesi Selatan, akademisi dari perguruan tinggi, perwakilan kantor wilayah Bank Indonesia/Otoritas Jasa Keuangan.

Kunjungan Mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia ke Badan Kebijakan Fiskal

Jakarta, (15/11): Bertempat di Ruang Rapat Analis-Fiskal, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan menerima kunjungan dari 60 mahasiswa vokasi Universitas Indonesia. Kunjungan yang merupakan bagian dari sosialisasi kebijakan fiskal kepada akademisi ini dibuka dengan sambutan dari Nursidik Istiawan, Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal, Sekretariat Badan Kebijakan Fiskal. Nursidik dalam sambutannya menyampaikan tugas dan fungsi Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan yang memiliki tiga bisnis utama (core business) yaitu rekomendasi kebijakan fiskal kepada Menteri Keuangan, tata kelola kerja sama internasional dan sebagai knowledge policy center. Dengan adanya kunjungan dari berbagai mahasiswa di BKF, ia berharap dapat makin memperkaya mahasiswa mengenai pengetahuan tentang kebijakan fiskal Indonesia dan menambah masukan atau pandangan dari mahasiswa untuk BKF yang memiliki peran merumuskan kebijakan fiskal.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirendeu ke Badan Kebijakan Fiskal

Jakarta, (8/11): Sebagai bagian dari kegiatan diseminasi informasi terkait kebijakan fiskal, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan RI, kembali menerima kunjungan mahasiswa yang kali ini berasal dari Universitas Muhammadiyah Cirendeu. Kunjungan yang digelar di Aula Lantai 2, Badan Kebijakan Fiskal, dibuka dengan sambutan oleh Kepala Bagian Umum, Sekretariat Badan Kebijakan Fiskal, Lukas Lantip Ciptadi. Dalam sambutannya, Lukas menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk membuka kesempatan bagi semua universitas untuk mengenal bagaimana Badan Kebijakan Fiskal membuat kebijakan, seperti kebijakan APBN dan ekonomi makro.

Eselon I Kementerian Keuangan


Hak Cipta BKF Kementerian Keuangan | Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Hubungi Kami
© 2015 Terms and Condition | Privacy Policy