V I S I : Menjadi Unit terpercaya dalam Perumusan Kebijakan Fiskal dan Sektor Keuangan yang Antisipatif
dan Responsif untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sejahtera

Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I 2017 Dalam Kondisi Normal

Jakarta, 27/04: Pada hari Rabu, 26 April 2017, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyelenggarakan rapat berkala triwulanan KSSK bertempat di Menara Merdeka, Otoritas Jasa Keuangan. Berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian terhadap perkembangan moneter, fiskal, makroprudensial, sistem pembayaran, pasar modal, pasar Surat Berharga Negara (SBN), perbankan, lembaga keuangan nonbank dan penjaminan simpanan, KSSK menyimpulkan stabilitas sistem keuangan triwulan I 2017 dalam kondisi normal. Kondisi tersebut ditopang antara lain oleh tingkat inflasi yang terjaga, tingkat permodalan dan likuiditas perbankan yang mulai menunjukan peningkatan, risiko industri perbankan yang terkendali, nilai tukar Rupiah yang masih terjaga, kinerja Surat Berharga Negara (SBN) yang berada dalam rentang normal dan penguatan pada pasar saham.

High Level Seminar: International Experience in Fiscal and Budgetary Reforms in Indonesia

Jakarta, (26/4): Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan AFD (Agence Francaise de Development) menyelenggarakan High Level Seminar dengan tema "Fiscal and Budgetary Reform : Lesson Learn From International Experiences" pada hari Rabu, tanggal 26 April 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta. Seminar ini dihadiri oleh expert reformasi fiskal dari Perancis, Australia, dan Vietnam, Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Praktisi Pajak, dan Akademisi-akademisi terkait.

Workshop Indonesia NDA GCF's Stakeholders Engagement

Nusa Dua - Bali, (25/4): Dalam rangka berbagi pengalaman dan keahlian untuk mempersiapkan Indonesia dalam hal mengakses pendanaan dari Green Climate Fund (GCF) untuk mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon, Kementerian Keuangan melalui Badan Kebijakan Fiskal bekerja sama dengan The Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) menyelenggarakan Workshop Indonesia NDA GCF's Stakeholders Engagement yang dihadiri oleh peserta dari Kementerian/Lembaga, Asosiasi, Perbankan, LSM, dan Mitra Kerjasama Asing terkait. Acara Workshop ini mengawali rangkaian kegiatan GCF Forum yang akan diselenggarakan tanggal 26-28 April di Hotel Ayodya, Nusa Dua, Bali.

Kuliah Umum Kebijakan Fiskal 2017 di Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta, (21/4): Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, bekerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada, mengadakan kuliah umum pada hari Jumat, 21 April 2017. Kuliah umum dengan tema “Kebijakan Fiskal 2017’ ini dihadiri oleh para mahasiswa dan akademisi di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan 2017 di Yogyakarta

Yogyakarta, (20/4): Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinisi D.I Yogyakarta dan Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal, mengadakan Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan pada hari Kamis, 20 April 2017, bertempat di Hotel Inna Garuda, Provinsi D. I. Yogyakarta. Seminar dengan tema “Menjaga Kredibilitas APBN” ini dihadiri oleh akademisi, media massa, mahasiswa, dan berbagai instansi pemerintahan yang terkait.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

Jakarta, (21/4): Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan kembali menerima kunjungan dari dari kalangan akademisi dalam rangka diseminas informasi terkait kebijakan fiskal. Kali ini mahasiswa dari Universitas Pembangunan Jaya sebanyak kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa hadir di Ruang Rapat Analis-Fiskal lantai 3, Gedung R.M. Notohamiprodjo, Kompleks Kementerian Keuangan. Kegiatan sosialisasi yang telah diikuti untuk kedua kalinya oleh Universitas Pembangunan Jaya ini diawali dengan sambutan pembuka dari Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal BKF, Nursidik Istiawan. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal ini menyampaikan bahwa salah satu tugas BKF sebagai nerve system dari Kementerian Keuangan adalah melakukan sinkronisasi antara penerimaan, pengeluaran dan pembiayaan negara agar dapat selaras dengan pembangunan nasional. Nursidik kemudian menambahkan bahwa BKF sangat terbuka kepada berbagai lembaga dan institusi yang ingin menggali informasi seputar kebijakan fiskal.

Stakeholder Workshop "Infrastructure Asset Securitization for Development Financing Acceleration"

Jakarta, (11/4): Badan Kebijakan Fiskal bersama dengan AIPEG (Australia Indonesia Partnership Economic Government) menyelenggarakan stakeholder workshop dengan tema "Infrastructure Asset Securitization for Development Financing Acceleration" pada hari Selasa, tanggal 11 April 2017 di Hotel Pullman, Jakarta. Stakeholeder workshop yang dihadiri oleh para investor dan otoritas terkait ini bertujuan mengumpulkan perspektif dari para stakeholder atas rekomendasi BKF mengenai promosi pelaksanaan sekuritisasi aset untuk membiayai proyek infrastruktur baru. Selain itu kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pembahasan terkait skema inovasi pendanaan proyek infrastruktur baru tersebut.

Workshop: Budget Elaboration, Implementation, and Review

Bandung, (11/4): Kementerian Keuangan melalui Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Agence Francaise de Developpement (AFD) didukung oleh Expertise France menyelenggarakan Workshop "Budget Elaboration, Implementation, and Review". Acara ini diselenggarakan di Hotel Novotel Bandung pada tanggal 11-13 April 2017.

Kunjungan Mahasiswa IAIN Metro Lampung

Jakarta, (13/04): Dalam rangka diseminasi informasi terkait kebijakan fiskal, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Republik Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan menerima kunjungan mahasiswa IAIN Metro Lampung yang bertempat di Aula Serbaguna lantai 2, Gedung R.M. Notohamiprodjo, Kompleks Kementerian Keuangan. Sebanyak kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa hadir dalam kunjungan tersebut. Acara tersebut diawali dengan sambutan pembuka dari Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik BKF, Endang Larasati. Dalam sambutannya Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik menyampaikan bahwa BKF sangat terbuka untuk menerima kunjungan dari mahasiswa serta siap mengirimkan narasumber untuk memberikan materi seputar hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan fiskal.

Eselon I Kementerian Keuangan


Hak Cipta BKF Kementerian Keuangan | Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Hubungi Kami
© 2015 Terms and Condition | Privacy Policy