Sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010


Sehubungan dengan telah diundangkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dalam rangka memberikan pemahaman yang baik tentang disiplin pegawai negeri sipil, pada hari Kamis (30/09) Badan Kebijakan Fiskal (BKF) bekerja sama dengan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan Sosialisasi PP 53 Tahun 2010 bagi seluruh pegawai dilingkungan BKF.

Kegiatan sosialisasi berlangsung di Auditorium Serba Guna, Lantai 2, Gedung R.M. Notohamiprodjo. Dengan adanya sosialisasi PP 53 Tahun 2010 ini diharapkan pegawai BKF dapat mengetahui ketentuan-ketentuan mengenai kewajiban, larangan dan hukuman disipilin yang diatur dalam PP yang menggantikan PP Nomor 30 tahun 1980 tersebut.

Selain itu para peserta sosialisasi diharapkan dapat mengetahui kedudukan dalam penjatuhan sanksi pelanggaran disiplin PNS dan mengetahui haknya jika mendapat perlakuan yang dirasa kurang berkenan oleh atasan. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan BKF dibuka oleh Sekretaris BKF, Winarto. Dalam sambutannya, Winarto mengingatkan arti penting disiplin bagi PNS sebagai arahan untuk membentuk dan melatih seorang PNS agar memiliki kesadaran penuh untuk melakukan pekerjaannya secara baik dan bertanggung jawab. Selain itu disiplin juga merupakan proses menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan karsa PNS dalam mengedepankan tugas, serta membentuk watak yang taat terhadap hak dan kewajiban.

Winarto menekankan bahwa reward and punishment yang diberikan akan semakin jelas dan tegas dalam peraturan baru ini sehingga perlu diperhatikan dengan lebih serius bagi setiap pegawai BKF. Narasumber pada sosialisasi peraturan baru ini adalah Kepala Biro SDM, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Annies Said Basalamah. Pada kesempatan tersebut Kepala Biro SDM menjelaskan antara lain bahwa peraturan disiplin yang lama yakni PP Nomor 30 Tahun 1980 telah berusia 30 tahun dan beberapa substansinya tidak lagi sesuai dengan kebutuhan saat ini.

PP Nomor 53 Tahun 2010 dirancang untuk mendorong kinerja dan perubahan sikap PNS dan pejabat sebagai bagian dari reformasi birokrasi dan mengatur secara tegas mengenai wewenang, kewajiban, hak dan tanggungjawab setiap PNS. Lebih lanjut Kepala Biro SDM ini menyampaikan perlunya komitmen yang kuat dari PNS dilingkungan Kemenkeu untuk melaksanakan ketentuan disiplin PNS agar dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi lingkungan kerjanya dan bagi negara.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab dimanfaatkan secara antusias oleh para peserta sosialisasi untuk mengajukan berbagai pertanyaan mengenai aspek-aspek pelaksanaan maupun mengenai pengertian-pengertian hukum yang digunakan oleh PP Nomor 53 Tahun 2010.

  Kurs Pajak : KMK Nomor 26/KM.10/2018,   USD : 13,923.00    AUD : 10,580.97    GBP : 18,532.57    SGD : 10,405.95    JPY : 12,726.78    EUR : 16,263.79    CNY : 2,173.07