Ratifikasi Protokol Keenam AFAS: Makassar Ditambahkan Sebagai Lokasi Perwakilan Bank dari ASEAN


Jakarta, (18/1): Bertempat di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan dan Menteri Perdagangan menggelar rapat kerja membahas rencana ratifikasi protokol keenam ASEAN Framework Agreement on Servives (AFAS) di bidang jasa keuangan. Dalam rapat tersebut, Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menjelaskan bahwa AFAS merupakan upaya untuk melakukan liberalisasi perdagangan dan jasa termasuk di dalamnya jasa keuangan. Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama ekonomi ASEAN dan mempersiapkan Indonesia menuju masyarakat ekonomi ASEAN.

AFAS sendiri telah berlangsung selama 5 kali, dimana protokol kelima AFAS diratifikasi pada tahun 2013. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan akan meratifikasi protokol keenam yang isinya tidak jauh berbeda dengan protokol kelima. Dalam protokol keenam, Pemerintah berencana menambahkan Makassar sebagai salah satu kota yang diperbolehkan untuk menjadi lokasi perwakilan Bank dari ASEAN yang ingin medirikan cabangnya di Indonesia.

 “Paket keenam dalam AFAS adalah mencakup paket kelima dengan perubahan yaitu Indonesia menambahkan Makassar sebagai salah satu kota dimana Bank dari ASEAN boleh membuka cabangnya. Sehingga jumlah kota dimana Bank ASEAN yang boleh membuka cabangnya di Indonesia menjadi 11 kota. Namun jumlah maksimal dari bank tersebut yang boleh buka hanya 2”, ujar Bambang.

Selain memasukkan Makassar dalam ratifikasi protokol keenam, Pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia, memasukkan kerangka integrasi perbankan ASEAN (ASEAN Banking Integration Framework) dalam cakupan protokol AFAS. Dengan adanya ratifikasi tersebut, diharapkan dapat mengurangi gap yang terjadi antar bank-bank di Indonesia dengan ASEAN terutama Singapura dan Malaysia. Sehingga nantinya pelaku industi perbankan Indonesia akan mendapatkan perlakuan yang setara dalam melakukan penetrasi pasar di ASEAN.

Penandatanganan protokol keenam AFAS di bidang jasa keuangan telah dilakukan pada Maret 2015. Dari 10 negara ASEAN, 8 diantaranya telah meratifikasi protokol keenam, hanya Indonesia dan Kamboja saja yang belum melakukan ratifikasi. (is/gh)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 26/KM.10/2018,   USD : 13,923.00    AUD : 10,580.97    GBP : 18,532.57    SGD : 10,405.95    JPY : 12,726.78    EUR : 16,263.79    CNY : 2,173.07