Peneliti Badan Kebijakan Fiskal Raih Penghargaan 'Hadi Soesastro Prize' dari Pemerintah Australia


Canberra, (11/11): Melalui Australia Awards, Peneliti muda Badan Kebijakan Fiskal, Riznaldi Akbar menerima penghargaan Hadi Soesastro Prize dari Pemerintah Australia. Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop MP di Mural Hall Parliament House Canberra. Riznaldi Akbar yang sedang menempuh studi program doktor di University of Western Australia terpilih atas kontribusinya dalam research di bidang ekonomi politik dan manajemen defisit.

Selain menerima piagam penghargaan, Riznaldi Akbar juga menerima dukungan dana penelitian sebesar AUS$25.000. Riznaldi mengatakan bahwa ia akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan penelitiannya dengan fokus pada manajemen defisit dan program pinjaman yang akan memberikan keuntungan dalam investasi. Tujuan akhir dari penelitian tersebut menurutnya adalah untuk memberikan rekomendasi kebijakan dan implementasi praktis untuk pemerintah pusat dan daerah dalam menyusun strategi manajemen hutang.

Julie Bishop dalam sambutannya menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Australia sangat penting dalam berbagai bidang terutama politik, keamanan, ekonomi, budaya dan pendidikan karena tidak saja menyangkut kedua negara namun juga menyangkut kestabilan keamanan dan politik di kawasan Asia dan Pasifik. Tujuan dari pemberian penghargaan ini sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan pemimpin muda dan juga mempromosikan kerjasama pendidikan dan people-to-people antara Indonesia dan Australia. Dengan demikian pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memicu semangat para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Australia untuk menghasilkan pemikiran dan juga hasil penelitian yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia.

The Australia Awards Hadi Soesastro Prize merupakan bagian dari Australian Awards yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh Department Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia. Penghargaan tersebut diberikan kepada ilmuwan dan peneliti muda Indonesia sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum Professor Hadi Soesastro yang dinilai sebagai ekonom dan pemikir yang sangat menonjol dan telah berkontribusi dalam pembangunan Indonesia dan pengembangan kerjasama di wilayah Asia-Pasifik. (RA/Australia Plus)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 50/KM.10/2018,   USD : 14,396.00    AUD : 10,522.46    GBP : 18,401.93    SGD : 10,493.19    JPY : 12,674.24    EUR : 16,334.46    CNY : 2,076.72