International Tax Conference Hari ke-2


Jakarta, (12/7): Melanjutkan rangkaian acara International Tax Conference, pada hari ke-2 digelar tiga sesi panel yang dengan tema khusus perpajakan. Sesi panel pertama dengan tema Isu Perpajakan Internasional di ASEAN menghadirkan Suryo Utomo, Staf Ahli Kepatuhan Pajak, Kementerian Keuangan sebagai salah satu panelis. Pada sesi kedua Awan Nurmawan Nuh, yang merupakan Staf Ahli Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak, Kementerian Keuangan menjadi panelis dalam sesi yang mengangkat topik bagaimana Automatic Exchange of Information (AEoI) dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi isu perpajakan internasional saat ini.

Astera Primanto Bhakti yang mewakili Kementerian Keuangan berkesempatan menutup acara yang diselenggarakan selama dua hari tersebut. Dalam closing remarks-nya, Astera menyampaikan beberapa isu penting yang harus diperhatikan oleh seluruh negara. Menurutnya, memobilisasi sumber daya domestik tidak hanya tentang meningkatkan penerimaan namun juga meningkatkan inklusivitas, investasi dan keadilan sosial.

Ia berharap bahwa seluruh negara dapat memperkuat kerjasama dalam implementasi AEoI untuk melawan penghindaran pajak oleh perusahaan multinasional. Selain itu, ia berharap untuk menciptakan keadilan bagi seluruh negara dalam memperoleh penerimaan pajak,  setiap negara dapat membuat sistem perpajakan yang lebih terbuka dan transparan, sehingga implementasi AEoI menjadi sangat esensial. Ia menambahkan dengan adanya AEoI ini mempermudah suatu negara untuk mengidentifikasi offshore income mereka, sehingga negara dapat mengetahui besaran pajak yang dapat dikumpulkan oleh negara tersebut.  Pada akhirnya ia berharap sistem perpajakan yang kredibel dan transparan dapat menghasilkan penerimaan bagi negara, kepastian terhadap pelaku usaha dan keadilan terhadap wajib pajak serta kepercayaan publik terhadap negara. (IS/ATW)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 40/KM.10/2018,   USD : 14,864.00    AUD : 10,802.71    GBP : 19,532.22    SGD : 10,882.22    JPY : 13,201.00    EUR : 17,445.34    CNY : 2,168.88