Kebijakan Strategis Pemerintah Hadapi Tantangan Ekonomi


Mataram, (11/4): Setelah menggelar seminar kebijakan fiskal di Hotel Grand Legi Mataram, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) berkesempatan berkunjung ke Universitas Mataram untuk menyampaikan kuliah umum bertajuk "Perkembangan Ekonomi Terkini dan APBN 2018". Kuliah umum ini masih merupakan rangkaian acara FEKK di Mataram yang bertujuan untuk mengedukasi generasi muda khususnya mahasiswa mengenai perkembangan ekonomi terkini dan APBN 2018.

Acara dibuka oleh Adriyanto, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM), BKF. Adriyanto menyampaikan bahwa adanya kuliah umum ini diharapkan dapat membuat mahasiswa sadar terhadap APBN karena mahasiswa kelak akan menduduki posisi-posisi strategis di masa depan. Sejak sekarang, mahasiswa harus sudah mulai paham mengenai kebijakan pemerintah yang dikeluarkan dalam APBN. Ketika nantinya sudah menduduki posisi-posisi strategis, diharapkan mahasiswa kelak dapat menjalankan posisinya sejalan dengan kebijakan pemerintah. Sebagai contoh, ketika sudah paham betapa pentingnya penerimaan negara, nantinya akan menimbulkan kesadaran untuk membayar pajak.

Selanjutnya, pada inti acara, Ali Moechtar, Kepala Sub Bidang Analisis Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan, PKEM, yang merupakan narasumber kuliah umum menguraikan tantangan ekonomi Indonesia jangka pendek, yaitu (1) menjaga dan meningkatkan konsumsi masyarakat; (2) menjaga dan meningkatkan investasi; dan (3) menjaga keseimbangan ekspor-impor. Kedepannya, diharapkan Indonesia tidak bergantung lagi pada konsumsi, namun pada investasi karena investasi dapat memberikan efek multiplier bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi.  Sedangkan tantangan jangka menengah yaitu perbaikan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, pemerintah mengeluarkan 8 kebijakan fiskal strategis di tahun 2018 menuju Indonesia yang lebih sejahtera. Kebijakan tersebut antara lain optimalisasi pendapatan, ekspansif yang terarah dan terukur, pembangunan infrastruktur yang konsisten, pendidikan yang berkualitas, kesehatan yang berkualitas, perbaikan kualitas pelayanan publik  dan pengurangan kemiskinan dan kesenjangan mitigasi risiko fiskal. Selain di Universitas Mataram, BKF juga mengadakan kuliah umum kebijakan fiskal terkini dan APBN di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram pada hari berikutnya.  (cs/lnf)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 40/KM.10/2018,   USD : 14,864.00    AUD : 10,802.71    GBP : 19,532.22    SGD : 10,882.22    JPY : 13,201.00    EUR : 17,445.34    CNY : 2,168.88