BKF Jadi Juri National Leadership Forum di PKN STAN


Tangerang Selatan, (16/7): Hadi Setiawan, Peneliti Madya Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Adelia Surya Pratiwi, Staf Khusus Kepala Badan Kebijakan Fiskal hadir sebagai Guest Lecture dan Moderator sekaligus Juri dalam acara National Leadership Forum (NLF) yang diselenggarakan oleh Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Dies Natalis PKN STAN 2018 dan dibuka secara resmi oleh Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto. NLF diikuti oleh 34 Mahasiswa/i dari 17 tim yang terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui beberapa tahapan seleksi.

Sebagai Guest Lecture, Hadi Setiawan memberikan paparan terkait Peran Fiskal dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs merupakan program pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan misi pemerintah dalam nawacita dan 94 target dari 169 target di SDGs selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Indonesia telah menetapkan Perpres Nomor 59 tahun 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai legal basis pelaksanaan SDGs. Peran fiskal diantaranya yaitu menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif melalui persaamaan hak dan kesempatan, pemerataan kesejahteraan, dan pemerataan pembangunan.

Sejalan dengan salah satu dari tujuh belas tujuan utama SDGs, masalah yang diangkat pada NLF ini adalah “Kemiskinan”. Dipandu oleh Adelia Surya Pratiwi sebagai Moderator, pada sesi pertama, tiap-tiap tim diskusi forum diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya terkait penyebab/masalah utama kemiskinan di Indonesia. Selanjutnya, pada sesi kedua, setiap tim diskusi forum diberikan kesempatan untuk menyampaikan solusi atas masalah-masalah yang telah didiskusikan sebelumnya dan dapat men-challenge pendapat dari tim lainnya.

Pada akhir acara, tim dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih sebagai best resolution team dan best speaker team berdasarkan pilihan juri.(cs/lnf)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 50/KM.10/2018,   USD : 14,396.00    AUD : 10,522.46    GBP : 18,401.93    SGD : 10,493.19    JPY : 12,674.24    EUR : 16,334.46    CNY : 2,076.72