Bangun Sinergi, Tingkatkan Kualitas Kinerja: Respect, Trust and Care


Purwakarta, (9/2): Dalam rangka menyinergikan rencana kerja tahun 2017 antar unit eselon II, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mengadakan rapat kerja (raker) yang diselenggarakan pada 9-10 Februari 2017. Raker dihadiri oleh Pejabat eselon I, II, III dan IV serta peneliti di lingkungan BKF. Pada tahun ini, raker BKF mengangkat tema “Bangun Sinergi, Tingkatkan Kualitas Kerja: Respect, Trust and Care.

Kepala BKF, Suahasil Nazara, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tema yang diangkat kali ini sesuai dengan tujuan yang ingin ia capai untuk meningkatkan sinergi antar pegawai dalam organisasi yang dipimpinnya. Menurutnya BKF merupakan salah satu unit eselon I yang menangani hampir seluruh isu yang ada di Kementerian Keuangan. Tupoksi dari unit eselon II sangat beragam namun masih memiliki keterkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, sinergi antar unit merupakan hal yang krusial bagi para pegawai BKF dalam menyusun rekomendasi kebijakan yang kredibel.

Selain antar unit eselon II, Suahasil menambahkan bahwa komunikasi dan sinergi yang baik antara pejabat struktural dan fungsional atau peneliti juga harus ditingkatkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan misalnya dalam menyusun sebuah kajian. Ia menegaskan bahwa penelitian di dalam satu pusat (unit eselon II) harus dimulai dari assessment peneliti mengenai knowledge gap dari rencana kerja yang telah dibuat oleh pejabat struktural. Selanjutnya, peneliti dan pejabat struktural dapat bersama-sama melakukan kajian atau studi dengan pihak lain sesuai dengan knowledge gap yang telah disepakati. Dengan adanya mekanisme tersebut, ia berharap hubungan antar pejabat struktural dan fungsional yang sudah terjalin dapat terpelihara dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Suahasil juga menyampaikan bahwa para pejabat di lingkungan BKF diharapkan dapat melakukan mentoring dan coaching bagi bawahannya. Tujuannya, untuk mempersiapkan calon penerus pimpinan di BKF dengan ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan sebagai ASN yang profesional di kemudian hari.

Rapat kerja ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh BKF. Dalam raker tersebut, seluruh unit eselon II memaparkan rencana kerja prioritas masing-masing pusat dan kegiatan yang membutuhkan sinergi antar unit eselon II.  Sebelum raker dimulai, perwakilan dari Central Transformation Officer (CTO) hadir memberikan paparan tentang Reformasi Birokrasi & Transformasi Kelembagaan (RBTK) Kementerian Keuangan ke depan.

Selain raker, diselenggarakan juga kegiatan team building yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan memperkuat koordinasi antar pegawai di lingkungan BKF. (is)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 17/KM.10/2017,   USD : 13,313.00    AUD : 10,036.79    GBP : 17,037.46    SGD : 9,537.48    JPY : 12,170.03    EUR : 14,348.00    CNY : 1,933.40