BKF Menggelar Workshop Technological Change to Economic Development


Jakarta, (27/7): Sebagai rangkaian persiapan menuju International Forum on Economic Development and Public Policy pada bulan Desember di Bali, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menggelar workshop dengan topik Technological Change to Economic Development. Acara yang digelar di Hotel Mandarin Oriental Jakarta tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari CSIS, LIPI, dll.

Parjiono, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, BKF yang berkesempatan membuka workshop tersebut menyampaikan bahwa saat ini teknologi berkembang secara signifkan. Untuk mengikuti perkembangan teknologi dibutuhkan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan tingkat pendidikan dengan kualitas tertentu. Dengan melihat fakta bahwa masih banyak masyarakat Indonesia dengan tingkat pendidikan terbilang rendah, maka perkembangan teknologi ini dapat mengakibatkan semakin besarnya ketimpangan yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu menurutnya, perubahan teknologi menjadi isu penting yang harus mendapat perhatian oleh pemerintah.  

Sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Parjiono, Laksana Handoko dari LIPI, sebagai narasumber pertama, mengatakan bahwa saat ini dunia mengalami perubahan teknologi dimana baik negara lain maupun Indonesia sendiri harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri saat ini menjadi penting, di samping adanya inovasi yang terus dikembangkan dan peningkatan kerja sama dengan partner kerja yang saling menguntungkan satu sama lain.

Narasumber kedua, Ngakan Antara dari Kementerian Perindustrian menambahkan, untuk mewujudkan sdm yang berkualitas dan dapat bersaing dalam perkembangan teknologi di industri manufaktur, proses capacity building harus dilakukan satu persatu. Hal ini bertujuan agar para pekerja dapat menerima ilmu dengan efektif dan lebih mudah sehingga peningkatan kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. 

Para narasumber dalam workshop tersebut sepakat bahwa perubahan teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Pemerintah sebagai regulator dituntut untuk mampu memfasilitasi para pelaku industri yang berbasis teknologi dengan mengeluarkan kebijakan yang men-support industri tersebut agar tetap mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Pada akhirnya industri yang dapat mengadopsi teknologi dengan baik akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (IS/PG)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 40/KM.10/2017,   USD : 13,501.00    AUD : 10,540.84    GBP : 17,755.46    SGD : 9,902.59    JPY : 11,975.02    EUR : 15,845.42    CNY : 2,030.25