Joint Working Group dan Financial Policy Dialogue Framework Indonesia-Jepang


Tokyo, (6/10); Jepang merupakan salah satu mitra penting perdagangan dan investasi bagi Indonesia. Saat ini kerja sama antara Indonesia dan Jepang semakin kuat di berbagai sektor, termasuk ekonomi dan keuangan. Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, total nilai perdagangan Indonesia-Jepang dari Januari hingga Juli 2017 mencapai USD 18 miliar. Nilai ini naik sekitar 11,3% dari periode yang sama pada 2016.

Selain itu, investasi Jepang di Indonesia mencapai USD 2,8 miliar pada semester pertama 2017, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Melalui lembaga keuangan publiknya, Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Jepang juga telah bertahun-tahun memberikan dukungan pembiayaan bagi Indonesia, khususnya untuk infrastruktur. Hingga akhir tahun 2016, JBIC telah memberikan pinjaman kepada Indonesia hingga mencapai USD 6,9 miliar. Dukungan JBIC bagi Indonesia merupakan yang terbesar di antara negara-negara lain di Asia.

Capaian kerja sama yang baik selama ini perlu untuk dipertahankan. Dalam kaitan ini, Kementerian Keuangan Indonesia bersama dengan Kementerian Keuangan Jepang dan JBIC, menyelenggarakan acara Joint Working Group (JWG) dan Financial Policy Dialogue Framework (FPDF) di Tokyo, tanggal 5-6 Oktober 2017. Kedua forum ini merupakan pertemuan reguler untuk membicarakan isu-isu seputar ekonomi secara umum, maupun beberapa isu strategis yang tengah berkembang di kedua negara.

Untuk JWG kali ini, diangkat isu mengenai ketimpangan ekonomi, pengembangan bisnis di Indonesia, pembiayaan infrastruktur, asuransi bencana, dan revitalisasi sektor manufaktur. Sementara itu, FPDF 2017 membahas perkembangan proyek infrastruktur energi, operasionalisasi mandat baru JBIC untuk infrastruktur sosial, serta potensi kerja sama ke depan.

Dari forum tersebut delegasi Indonesia banyak belajar mengenai pengalaman Jepang dalam mengelola ekonominya serta memperoleh masukan untuk berbagai tantangan yang dihadapi. Dalam kesempatan itu pula, pihak Indonesia mengharapkan terus dukungan dari Jepang untuk proyek-proyek pembangunan yang telah ada, terutama untuk yang berlokasi di luar Jawa.

Selain dihadiri oleh pejabat Kementerian Keuangan kedua negara, JWG dan FPDF 2017 juga dihadiri oleh perwakilan dari PT. SMI, KPPIP, PT. PLN, JBIC, JICA, serta Duta Besar Indonesia di Tokyo. (ENM)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 40/KM.10/2017,   USD : 13,501.00    AUD : 10,540.84    GBP : 17,755.46    SGD : 9,902.59    JPY : 11,975.02    EUR : 15,845.42    CNY : 2,030.25