V I S I : Menjadi Unit terpercaya dalam Perumusan Kebijakan Fiskal dan Sektor Keuangan yang Antisipatif
dan Responsif untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sejahtera

Regulasi

UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
PP No 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik
Perkip No 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik
Perkip No 1 Tahun 2013 Tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
Perma No 2 Tahun 2011 Tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi Publik di Pengadilan
KMA No 085 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Penyusunan Peraturan Mahkamah Agung tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Atas Putusan Komisi Informasi Pada Pengadilan Tata Usaha Negara Dan / Atau Pengadilan Negeri
KMK 278/KMK.01/2012 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Koordinator PPID di Lingkungan Kementerian Keuangan
PMK 132/PMK.01/2012 Tentang Pedoman Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan

Frequently Asked Question (FAQ)

  1. Siapa yang dapat mengajukan permohonan informasi publik?
  2. Setiap warga negara dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  3. Apakah persyaratan pengajuan permohonan informasi dan pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
  4. Melampirkan Kartu Tanda Penduduk untuk pemohon dari individu atau Akta Pendirian Badan Hukum untuk pemohon dari badan hukum.
  5. Bagaimana cara mengajukan permohonan informasi?
    1. Melakukan registrasi pemohon terlebih dahulu pada aplikasi PPID Kementerian Keuangan melalui menu Permohonan Informasi, sub-menu Registrasi Pemohon;
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan dan melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan;
    3. Apabila data pemohon sudah lengkap, pemohon akan menerima email konfirmasi dari PPID, bahwa pemohon sudah terdaftar dan telah bisa mengajukan permohonan informasi.
  6. Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
  7. Tanggapan atas permohonan informasi publik akan disampaikan melalui e-mail pemohon informasi yang dipergunakan saat registrasi
  8. Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
  9. Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya
  10. Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
    1. Melakukan registrasi pada aplikasi layanan PPID Kementerian Keuangan melalui menu Layanan Informasi dan sub-menu Pengajuan Keberatan;
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan;
    3. Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
  11. Berapa biaya untuk memperoleh informasi?
  12. Layanan informasi ini tidak dipungut biaya / gratis (dokumen akan diberikan dalam format softcopy)
    Waktu layanan informasi:
    Setiap hari kerja, pukul 08.00 – 16.00

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal

Gedung R.M. Notohamiprodjo Lantai 3

Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1

Jakarta Pusat 10710

T. (021) 381.2203

F. (021) 381.2763


Eselon I Kementerian Keuangan


Hak Cipta BKF Kementerian Keuangan | Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Hubungi Kami
© 2015 Terms and Condition | Privacy Policy